Pages

Minggu, 06 Januari 2013

Portofolio Hasil Diskusi Lembaga Perpustakaan Dan Pemanfaatan Lingkungan Sebagai SumberBelajar


Hasil Diskusi Makalah “ Lembaga Perpustakaan Dan Media Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar”
Hasil diskusi tentang Lembaga Perpustakaan oleh Diah Ayu Wulandari dapat disimpulkan:
Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang didalamnya ada organisasi. Artinya, perpustakanan merupakan kegiatan yang melibatkan lebih dari suatu individu saling bekerja sama (terorganisasi). Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada disekolah dengan fungsi utama membantu tercapainya tujuan sekolah serta dikelola oleh sekolah yang bersangkutan. Beberapa kebutuhan pokok perpustakaan sebagai unit kerja seperti gedung(ruangan), koleksi bahan pustaka, perlrngkapan dan perabot, mata anggaran atau sumber pembiayaan. Adapun terdapat empat pilar perpustakaan yaitu pustakawan, user, pustaka, gedung perpustakaan. Tujuan utama penyelengaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur sekolah lainnya. Selain ada tujuan ada beberapa fungsi perpustakaan yaitu fungsi edukatif, fungsi informative, fungsi administrative, fungsi rekreatif, fungsi penelitian. Peranan perpustakaan antara lain perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar, perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berfikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk  untuk mencipta, perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntunan rasa keinginantahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun, kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberikan kesempatan membaca bagi siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
Hasil diskusi tentang  Media Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar oleh Mareta Inayatur Rahmah yaitu:
Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran lebih bermakna disebabkan para siswa dihadapkan langsung dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami, sehinggalebih nyata, lebih factual, dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Disamping itu, guru juga berharap siswa akan lebih akrab dengan lingkungan sehingga menumbuhkan rasa cinta akan lingkungannya. Lingkungan sebagai media pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga yaitu lingkungan social, lingkungan alam, dan lingkungan buatan. Dengan cara yang tepat dan persiapan yang matang, semua jenis lingkungan bisa dimanfaatkan secara maksimal. Pandangan sempit tentang pembelajaran di dalam kelas saja harus dihilangkan karena pelajaran diluar kelas akan memperkaya pengetahuan siswa dan lebih memotivasi mereka dibidang studi yang sedang dipelajari.
Dari pembahasan diatas maka ditemukan beberapa permasalahan yaitu:
1.      Apakah media lingkungan sebagai sumber belajar sudah banyak berjalan disekolah-sekolah sekarang ini? Dan apakah media ini efektif? Sebutkan pula materi apa yang cocok untuk menggunakan media lingkungan beserta SK dan KD!
Jawab: Sudah banyak sekolah-sekolah yang memanfaatkan media lingkungan sebagai sumber belajar, seperti mata pelajaran PAI sendiri sudah banyak yang dilakukan diluar kelas dengan cara memanfaatkan media ini sebagai sumber belajar. Media ini sangat efektif apabila diterapkan dalam proses pembelajaran karena memberi nuansa dan suasana yang berbeda dalam belajar sehingga siswa tidak jenuh dan bosan, media ini membuat siswa tertarik untuk belajar, mengajak siswa melihat secara langsung kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa membuat guru lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran diluar kelas. Misalkan saja guru akan menyampaikan materi mengenai akhlak terpuji dalam masyarakat, dengan SK: memahami fenomena social di masyarakat terkait dengan akhlak terpuji, dan KD: mengamati akhlak terpuji yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan materi tersebut maka siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar sehingga siswa lebih bisa mendalami makna akhlak terpuji tersebut.
2.      Factor apa saja yang membuat perpustakaan disekolah-sekolah sekarang ini masih kurang diminati para siswa? Bagaimana  mengoptimalkan media perpustakaan? Bagaimana proses pembelajaran yang cocok dirancang guru dengan menggunakan media perpustakaan jelaskan SK dan KD!
Jawab: Ada beberapa factor perpustakaan kurang diminati siswa antara lain:
a.       Kurangnya layanan diperpustakaan.
b.      Kurangnya publikasi tentang perpustakaan kepada siswa.
c.       Kurangnya kesadaran minat baca siswa.
Dari beberapa factor tersebut, maka cara mengoptimalkan media perpustakaan ini yaitu dengan cara memperhatikan pelayanan kepada siswa seperti petugas perpustakaan ramah, sopan, murah senyum dan komunikatif sehingga siswa tidah merasa takut untuk datang keperpustakaan, menyediakan fasilitas yang memadai dan menciptakaan suasana perpustakaan yang sejuk, nyaman, tidak gaduh, dan bersih, serta memberikan fasilitas pendukung lainnya sehingga minat baca siswa menjadi tinggi. Misalnya guru akan menyampaikan materi tentang Tauhid dan Al-quran maka SK: memahami Kitab-kitab dan ayat-ayat yang mendukung. KD: mampu menjelaskan makna yang tertulis dalam kitab kuning. Dengan adanya tugas-tugas untuk mencari kitab diperpustakaan maka siswa akan mendatangi perpustakaan dan apabila telah terbiasa akan menumbuhkan kesadaran minat baca siswa.
3.      Apa kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar dan lembaga perpustakaan?
Jawab: Untuk kendala media lingkungan sebagai sumber belajar biasanya waktu pembelajara kurang sehingga harus mengambil waktu diluar jam pelajaran, guru terkadang kurang kreatif dan cenderung malas, siswa juga kadang kurang antusias.
Kendala untuk media perpustakaan yaitu buku-buku yang disediakan di perpustakaan terbatas dan sedikit, siswa kadang malas untuk mencari buku, petugas perpustakaan yang tidak ramah, dan lain-lain.

2 komentar: