Pages

Minggu, 06 Januari 2013

Portofolio V Hasil Diskusi Laboraturium Agama


Hasil Diskusi Makalah “Laboraturium Agama”
Hasil diskusi mengenai media pembelajaran laboraturium agama oleh Hanifan Fahmi dapat di simpulkan bahwa:
Laboraturium Agama adalah suatu unit untuk penunjang akademik baik dijenjang sekolah maupun perguruan tinggi yang dikelola oleh para guru dan staf-stafnya dan tempat untuk melatih mahasiswa dalam hal keterampilan penelitian dan pengembangan ilmu kaitannya dengan ilmu agama islam. Konsep pengolahan Laboraturium Agama/Masjid ada tiga bidang pembinaan yang luas dilaksanakan: Pembinaan bidang Idarah (menejemen), Pembinaan bidang Imarah (kemakmuran masjid), Pembinaan Riayah (pemeliharaan masjid). Adapun fungsi utama laboraturium agama adalah tempat menegakkan shalat, dan fungsi khususnya adalah tempat ibadah, memberikan lebih pemahaman dalam keagamaan, kegiatan para siswa seperti pengajian, untuk kegiatan rohis, member keterampilan dan pelatihan mengajar pada mahasiswa, membuat  media pembelajaran agama, mengevaluasi proses belajar mengajar di PAI dan  mengembangkannya, pengajian halaqah, sebagai tempat pembinaan, tempat asrama bagi siswa yang membutuhkan dan mempunyai kepedulian terhadap pembinaan dan kemakmuran masjid, dll. Adapun peran Lab Agama secara umum sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, pusat penjaringan potensi umat, tempat pembinaan jama’ah, pusat da’wah dan kehidupan islam, pusat pengembangan budaya dan tradisi islam. Selain itu Lab Agama  memiliki kekurangan yaitu peserta didik yang kurang suka model pembelajaran ini merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan, belum tetntu ruang Lab lebih menyenangkan, tidak semua sekolah mempunyai masjid.
Dari penjelasan materi tersebut muncul beberapa permasalah yaitu?
1.      Bagaimana sejatinya masjid Sunan Kalijaga untuk idealnya?
Jawab: Dibangun perpustakaan agama, mahasiswa bisa diskusi tidak hanya untuk shalat, kemudian jangan mengganggu orang shalat
2.      Bagaimana merancang Lab untuk Aqidah Akhlak? Adakah laboraturium Agama selain Masjid?
Jawab: Laboraturium agama selain masjid yaitu gedung sendiri untuk kajian atau perpustakaan dan ruang khusus untuk mengurus jenazah. Untuk merancang Lab Aqidah Akhlak yaitu dengan menggunakan Audio Visual, Kajian, adanya Kantin untuk belajar etika makan.



0 komentar:

Posting Komentar